Headlines News :
Home » » Batik DiKreta

Batik DiKreta

Written By Unknown on Rabu, 18 Juli 2012 | 7/18/2012

Surabaya - Setelah berinovasi dengan program "AC-nisasi" pada kereta ekonomi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 kembali berkarya. Dengan tema cinta budaya negeri, kereta bermotif batik pun diluncurkan.

Kahumas Daop 8 Surabaya, Sri Winarto mengatakan, PT KAI meluncurkan kereta bermotif batik ini disebabkan batik sebagai warisan budaya negeri yang patut dilestarikan. Oleh karena itu, tiga kereta makan atau kereta restorasi kini dipoles penampilannya dengan corak batik Madura.

"Tiga kereta itu adalah kereta makan untuk KA Sancaka (Jogjakarta-Surabaya), KA Gajayana (Malang-Jakarta), dan KA Argo Anggrek (Surabaya Pasar Turi-Jakarta). Dimana motif batik Madura dipilih karena letak geografis Daop 8 yang berada di Surabaya. Dan motif batik yang sederhana namun cerah yang didominasi warna merah, kuning, atau putih," tutur Sri Winarto, Rabu (18/07).

Untuk proses pengerjaan kereta batik, Pak Win, panggilan akrab pria berkumis ini, dilakukan di Dipo Sidotopo dan direncanakan bisa beroperasi mulai Agustus mendatang sebagai bagian dari angkutan lebaran.
Dari pantauan wartawan, batik itu melekat pada dinding eksterior dan interior kereta makan. Dengan maksud menghadirkan nuansa baru yang akan memberikan kesan tersendiri bagi pengguna jasa kereta api.
"Kereta motif batik ini satu-satunya di Jawa Timur. PT KAI mendukung pemerintah melestarikan budaya dalam negeri. Tak hanya itu, hal ini juga dilakukan sebagai bentuk edukasi pada generasi muda agar semakin mencintai budaya dan produk asli Indonesia, khususnya batik," pungkasnya. (http://www.centroone.com)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. subi blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger