Indonesia merupakan anggota G-20
yang merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah
dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar di dunia
dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah. Walau didera
krisis ekonomi, Indonesia mulai bangkit. Kini pembangunan di Indonesia tidak
kalah dengan negara-negara lain. Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas
dunia. Beberapa mega proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor
Theme Park terbesar di dunia, Trans studio. Beberapa proyek akan menyusul. Ada
yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah dalam tahap penyelesaian.
Diantara mega proyek tersebut, yaitu:
Makassar akan
memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata dan pendidikan yang
dinamakan Center Point Of Indonesia. Center Point Of Indonesia dibangun di
kawasan dengan luas total 600 hektar itu akan terdapat bangunan bangunan
menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel hotel
kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view ke laut lepas dan
pemandangan menakjubkan ke pulau pulau di Teluk Makassar. Di kawasan ini juga
akan dibangun Istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di Jawa dan
Bali. Istana ini nantinya berada di atas laut. Di kawasan CPI juga akan
dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India. Ada juga The
Makassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung Pahlawan Indonesia. Masih di
lokasi yang sama, Makassar juga akan membangun Public Space atau area publik
terluas di Dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan hijau,
tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di
sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.
Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang selebar masing masing 40 meter, waterway, monorail dan busway. Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka Makassar akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan Mass Rapit Transport idaman itu.
Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat di tengah tengah proyek CPI. Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail. Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (Gondola) terpanjang di Asia. Jika proyek ini selesai, maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.
Jakarta akan segera memiliki salah
satu menara tertinggi di dunia yang dinamakan "menara Jakarta".
Proyek Menara Jakarta yang sebelumnya terhenti akibat badai krisis moneter,
akan kembali dilanjutkan kembali. Proyek Menara Jakarta akan kembali dibangun
pengerjaan konstruksi pada Januari 2010. Pembangunan Menara Jakarta yang
menelan anggaran Rp 5 triliun ini ditargetkan rampung 2012 tahun ini. Menara
Jakarta setinggi 558 meter ini nantinya akan mengalahkan Oriental Pearl Tower,
Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di
Kanada setinggi 533 meter. Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan
sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center dan
disaster recovery center. Menara Jakarta juga akan dijadikan sebagai traffic
control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta. Menara ini juga akan
memiliki restoran berputar, yang menarik lagi dari Menara Jakarta adalah bentuk
kaki tiang menara yang memiliki bentuk tiga kaki yang menopang hingga ke atas.
Bentuk semacam ini hanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar
langit. Jika telah selesai dibangun, Menara Jakarta ini akan menjadi icon
kebanggaan bangsa Indonesia dan menjadi menara telekomunikasi dan broadcasting
tertinggi di dunia.
Center Point Of
Indonesia

Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang selebar masing masing 40 meter, waterway, monorail dan busway. Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka Makassar akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan Mass Rapit Transport idaman itu.
Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat di tengah tengah proyek CPI. Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail. Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (Gondola) terpanjang di Asia. Jika proyek ini selesai, maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.
Menara Jakarta

Biak space port
Pulau Biak berhadapan langsung dengan samudera luas sehingga
proses peluncuran roket yang akan dilakukan diperkirakan tidak akan mengganggu
negara lain. Jika roket pendorong satelit itu diluncurkan, serpihan atau
benda-benda yang jatuh dari dari proses peluncuran itu akan jatuh ke laut,
tidak mengenai negara lain, termasuk wilayah Indonesia. Selain itu, Pulau Biak
juga terletak di di area ekuatorial (Posisinya hanya dua derajat dari garis
katulistiwa) sehingga dorongan roket peluncur satelit lebih kuat dan mampu
mengantar alat pemantauan di angkasa ke antariksa.
Jembatan Selat
sunda

Jembatan Selat Sunda ini akan menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia yang dibangun dengan bentang tengah sampai 2.200 meter. Perkiraan biaya investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar Rp 100 triliun. Pembangunan proyek JSS membutuhkan waktu minimal 10 tahun. Kalau tahun 2012 sudah mulai dibangun rencananya jembatan sudah dibuka tahun 2022. Pada jembatan tersebut akan dibuat enam lajur kendaraan, masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat. Tak hanya itu, jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta. Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.
Reaktor Nuklir Muria
Coastarina

Di Coastarina, akan dibangun total 1.000 rumah di kawasan total 150 hektar (25
hektar termasuk taman dan fasilitas umum). Di sana, juga ada Okarina Taman
Rekreasi dengan food court, kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, dan
permainan air. Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun dan total
investasi diperkirakan menjadi 60 - 80 juta USD atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760
M. MURI (Museum Rekor Indonesia) memberikan penghargaaan kepada Coastarina
untuk papan tulisan terbesar di Indonesia, perumahan yang terletak di bibir
pantai Batam itu akan mencatatkan dua rekor lagi untuk pembangunan bola dunia
paling besar dan peta dunia terbesar di dunia.
Terusan Sulawesi
Pada Musyawarah Sulawesi IV Enam gubernur se-Sulawesi menggagas pembangunan "Terusan Khatulistiwa" yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa.
Jika
rencana tersebut benar-benar direalisasikan, maka terusan ini akan menjadi
terusan ketiga di dunia, sebab saat ini baru ada dua terusan, yakni Terusan
Suez di Mesir dan Terusan Panama di Amerika Tengah. Terusan Khatulistiwa ini
bisa menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jarak
transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat
Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia
Pada Musyawarah Sulawesi IV Enam gubernur se-Sulawesi menggagas pembangunan "Terusan Khatulistiwa" yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa.

Sundial (jam matahari) Pontianak
Indonesia akan
memiliki sundial atau jam matahari tertinggi di dunia jika sundial Pontianak
jadi dibangun. Dari semua kota yang dilewati garis Khatulistiwa, hanya ada satu
kota di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis oleh garis
Khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak. Pembangunan sundial di lokasi sekitar Tugu
Khatulistiwa Pontianak diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp76,6 miliar
dengan lahan seluas 44,1 meter. Rencananya tugu tersebut akan dibangun dengan
tinggi 71 meter, sehingga akan menjadikan Tugu Khatulistiwa sebagai sundial
tertinggi di dunia. Pada lahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial
berukuran kecil sebanyak 17 buah. Angka 17 dan 71 diambil dari angka kelahiran
Kota Pontianak. Untuk memperkuat ikon Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa juga
akan dibangun Twin Solar Telescope, Museum Galeri, Science Centre, kawasan
komersial, Amphiteater, dan Convention di kawasan tugu tersebut
editor : subianto
0 komentar:
Posting Komentar